Uang Itu Penting, Namun Uang Bukan Pula Segala-galanya

August 3rd, 2008

Karena uang itu penting, maka tak sedikit orang yang akan mengatakan uang itu seperti ini:

Uang memegang peranan penting dalam urusan dunia. Uang adalah segala-galanya, dengan uang kita bisa membeli semua yang ada di bumi ini, bahkan banyak yang menggunakan uang untuk mengatur hidup orang lain. Untuk menjadi sukses itu susah, apa lagi untuk orang yang hidup dari kalangan bawah, butuh kerja keras untuk mewujudkan mimpi sukses agar menjadi kenyataan”.

Dalam urusan dunia, saya pikir ungkapan tentang uang seperti itu memang sering terbukti. Ribuan hal positif terjadi karena uang, misalnya orang banyak punya uang kemudian menyumbangkan uangnya untuk membuat yayasan yang membantu anak-anak miskin di Afrika, orang punya uang yang menciptakan lapangan kerja. Saya pun sering dimudahkan oleh uang, semisal ketika uang sedang sangat tipis kebetulan perlu untuk biaya rumah sakit, maka sodara-sodara saya yang punya uang meminjamkan uang terlebih dahulu kepada saya untuk saya bayar kemudian.

Pernah juga saya membaca sebuah posting di milinglist, saya lupa di mana. Penulis mengatakan: “Saya tidak habis pikir terhadap orang yang mengatakan bahwa uang itu tidak penting. Bagaimana dengan Anda? Jika Anda mengatakan uang itu tidak penting, lebih baik uang Anda kirimkan kepada saya, karena bagi saya uang tersebut penting”. haha..

Dalam pikiran sederhana saya, uang itu adalah sebuah alat tukar yang dapat mempermudah hidup dalam masyarakat.

Kalau kita punya banyak hal lain yang dapat ditukar dengan uang secara mudah. Misalnya kita punya ilmu, mengajar dan dapat penghasilan. Atau, punya space di blog kita yang kemudian dapat ditukar dengan uang karena space tersebut laku dipesan orang. Atau kita punya harga lainnya yang dapat ditukar dengan uang, kemudian dengan uang itu kita dapat menukarnya lagi dengan hal-hal lain yang kita butuhkan. Ketika uang atau harta apapun didunia ini tak dapat ditukarkan, maka kita menjadi sendiri. Uang pun tak berarti lagi. Jadi, uang itu bukan pula segala-galanya.

Ada sebuah cerita tentang uang bukanlah segala-galanya ini:

Seorang istri pejabat kaya raya pergi berlibur dengan menaiki kapal pesiar yang cukup mewah. Disana tempat berkumpulnya orang-orang ternama dan yang mempunyai pangkat serta harta yang melimpah. Pada hari berikutnya kapal pesiar yang ditumpanginya untuk berlibur tiba-tiba menabrak karang, saat itu pula kapal tersebut bocor dan diperkirakan akan tenggelam 2 jam kemudian. Para awak kapal sibuk menyiapkan sekoci (perahu kecil atau perahu darurat) untuk para tamu yang saat itu sedang panik di atas kapal naas itu.

Sekoci penuh, namun masih ada beberapa orang yang masih ada di kapal dan bingung karena perahu penyelamat telah habis, dilihatnya di sebelah kiri seorang awak kapal yang menggunakan pelampung untuk penyelamatan dirinya. Saudagar yang kaya raya itu memanggil awak kapal tersebut dan dengan sedikit sombong dia berkata:

“Wahai anak muda, apakah masih ada pelampung yang tersisa ???” tanya saudagar kaya itu,

“Maaf tuan, pelampungnya telah habis, dan ini adalah pelampung yang terakhir yang saya pakai”

“Bagai mana jika pelampungmu aku bayar dengan uang seharga 5 Milyar rupiah” saudagar itu memberi penawaran.

“Maaf tuan, saya memilih untuk tidak menjual pelampung ini kepada tuan, karena saat ini saya membutuhkan pelampung ini untuk menyelamatkan hidup saya, saya tidak memerlukan uang” jawab anak muda itu.

Nah dari potongan cerita di atas, dapat kita simpulkan bahwa UANG bisa menjadi barang yang sangat beharga disaat tertentu, namun disaat tertentu uang tidaklah bermanfaat sama sekali. Jadi kunci hidup adalah kebahagiaan dengan cara Hemat cermat dan bersahaja, termasuk hemat uang.

Anda dapat menghargai uang dengan cara tidak mengangkatnya melebihi diri sendiri, dengan cara tidak menganggapnya uang sebagai biang kerok dari segala kerusakan atau menganggap uang sebagai musuh bebuyutan (berpandangan negatif terhadap uang), dengan cara tidak sok punya uang (sombong karena uang), dengan tidak sangat takut kekurangan uang atau kelebihan uang. Santai saja, perlakukan uang sebagaimana orang, ketika kita ramah dan memperlakukannya dengan baik maka uang pun akan bersahabat dengan kita. Atau anda ingin berpendapat berbeda tentang uang juga silahkan, kita tak akan berkonfrontasi karena uang :)

Terimakasih, semoga uang semakin bermanfaat untuk Anda.

Best Regards
Mufli



Artikel Lainnya:

Money Management
Money Management International Consolidate debt and lower your monthly payments. Experience relief as you move towards a debt free future. Money Management International (MMI) and more at...

Apa Arti Kebebasan Finansial
Uang dan Berbagai Cara Menyikapi Uang By Mufli www.belajar-bisnis.com Apa yang Anda inginkan dari uang Anda ? apakah untuk keperluan pendidikan Anak ? atau tempat tinggal yg lebih besar ?...

Tentang Uangmu
Uangmu.com tentang banyak cara mencari uang di internet dengan cara yang baik dan cemerlang. Selamat membaca. Semoga keuangan anda semakin hari semakin...

«
»

Uang Itu Penting, Namun Uang Bukan Pula Segala-galanya
Bookmark and Share

  1. 5 Responses to “Uang Itu Penting, Namun Uang Bukan Pula Segala-galanya”

  2. By Belajar Bisnis Online » Uang Adalah Segalanya on Aug 3, 2008 | Reply

    [...] Jadi uang bukan pula segalanya. Ada sebuah cerita tentang uang bukanlah segala-galanya ini, anda daapt membacanya lebih lengkap di sini: Uang Itu Penting, Namun Uang Bukan Pula Segala-galanya [...]

  3. By Bincang Bisnis Online » Blog Archive » Uang Adalah Segalanya on Aug 3, 2008 | Reply

    [...] Uang Itu Penting, Namun Uang Bukan Segala-galanya http://uangmu.com/artikel/uang-bukan-segalanya.html [...]

  4. By Cari Uang Dengan Blog on Aug 3, 2008 | Reply

    [...] Uang Itu Penting, Namun Uang Bukan Segala-galanya http://uangmu.com/artikel/uang-bukan-segalanya.html [...]

  5. By Andy Maize on Aug 8, 2008 | Reply

    sungguh suatu kata2 yang bijak. Uang seperti pedang bermata ganda. Bisa membantu kita atau malah membunuh kita. Tergantung siapa yg menggunakannya.

  6. By bejo on Jul 21, 2009 | Reply

    uang bukanlah segalanya.
    yang penting bahagia..

    salam sukses mas mufli

modal besar

untuk pria